Microteaching

LIDM 2021



Tujuan Pembelajaran Mikro



Tujuan utama dari pembelajaran mikro atau disebut juga dengan micro teaching adalah supaya calon guru dalam hal ini mahasiswa mampu memiliki kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai atau sikap yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak sebagai calon guru, memiliki pengalaman melakukan pembelajaran, dan memiliki kesiapan untuk melakukan praktek pembelajaran di sekolah (Suwarna, dkk., 2006). Jadi, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari mata kuliah Micro Teaching adalah menjadikan mahasiswa calon guru menjadi guru yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran melalui berbagai penguasaan keterampilan mengajar dalam bidang yang diampu dan menjadikannya calon guru yang memiliki kepercayaan diri yang kuat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Selain tujuan utama dari pengajaran mikro, terdapat juga tujuan khusus dari pengajaran mikro, berdasarkan Allen (1967; Helmiati, 2013) tujuan khusus tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.

  1. Menyiapkan mahasiswa calon guru agar dapat berlatih melaksanakan kegiatan mengajar secara sistematis dan terukur.
  2. Menyederhanakan situasi pembelajaran dalam skala kecil yang ditangani secara gradual, sehingga mahasiswa calon guru dapat dilatih secara mendalam pada komponen-komponen tertentu dari 8 keterampilan dasar mengajar.
  3. Melatih melaksanakan pembelajaran dan observasi kegiatan pembelajaran serta merefleksikannya bersama dalam diskusi kelas yang dapat digunakan untuk memperbaiki latihan melaksanakan pembelajaran.